persiapan kolam ikan bawal

persiapakahn kolam ikan bawal
persiapakahn kolam
kolam budidaya ikan bawal dipersiapkan seperti wacananya persiapakahn kolam ikan air tawar lainnya. persiapakahn kolam dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup serta pertumbuhan ikan.
mula-mula kolam dikeringkan sesampai tanah benar-benar kering. sasaran peangkerngan tanah antara lain :
membasmi ikan-ikan liar yang bersifat predator atau kompetitor (penyaing tersebut).
kurangi senyawa-senyawa asa sulfida (h2s) serta senyawa beracun lainnya yang terbentuk selama kolam terendam.
memampu jsaudara termudaan bereksklusifnya pertukaran udara (aerasi) di kolam, dalam proses ini gas-gas oksigen (02) mengisi celah-celah serta pori-pori tanah.
bersetara dengan menunggu tanah dikolam kering, pematang kolam diperbaiki serta diper mantap untuk menutup kebocoran-kebocoran yang asertaya.
sesudah dasar kolam benar-benar kering dasar kolam perlu dikapur dengan kapur tohor maupun dolomit dengan dosis 25 kg per 100 m2. wacana ini untuk meningkatkan ph tanah, juga mampu untuk membunuh hama maupun patogen yang masih tahan terhasertayap proses peangkerngan.
kolam pembesaran ikan bawal tidak mutlak dengan cepat mampu jadi dipupuk. ini dialasannya merupakankan tersebut kan ikan bawal sebagiankah besar dibisai dari maka tambahan atau untukan. tetapi kalau dipupuk mampu mengkegunaankan pupuk kansertag 25 - 50 kg/100 m2 serta tsp 3 kg/100 m2. pupuk kansertag yang dikegunaankan sedengan cepat mampu jadi benar-benar yang sudah matang, agar tidak menjadi racun bagi ikan.

sesudah pekerjaan pemupukan selesai, kolam di isi air setinggi 2-3 cm serta di izinkan selama 2-3 hari, sesudah itu air kolam ditambah sedikit demi sedikit sampai kedalaman awal 40-60 cm serta terus diatur sampai ketinggian 80-120 cm tergantung kepistiistiadanyatan ikan. kalaulau warna air sudah hijau terang, baru benih ikan ditebar (biasanya 7-10 hari sesudah pemupukan). pemupukan yang tepat merupakan dengan pupuk ton (tambak organik nusantara) yang mengandung berbagai unsur mineral penting untuk pertumbuhan plankton, di antara n,p,k,mg, ca, mg, s, cl serta lain-lain, juga dilengkapi dengan asam humat serta vulvat yang mempu memperbaiki tekstur serta meningkatkan kesuburan tanah dasar kolam dengan dosis 6 kg ton/ha atau 25 gr (2 sendok makan)/100 m2 pasertaya tiap pemasukan air.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

jenis ikan arwana amazonee

Klasifikasi ikan koi tancho

penebaran serta pemberian pakan ikan patin